Sunday, January 20, 2019

Pembekalan PPL



Akhirnya sampai juga di check point ini. 
Walaupun harus rela bin ikhlas untuk melepas masa liburan.
Sepertinya liburan 2 minggu masih kurang buat gue.
Maklum gue kan manusia, dan sifat dasar manusia adalah "tidak pernah puas".
Mari lanjut ke topik inti.

Hari ini tepat saatnya gue dan teman-teman (Mahasiswa PPG Universitas Lampung) untuk menerima pembekalan sebelum terjun ke PPL.

Apasih PPL?

PPL itu singkatan dari Praktik Pengalaman Lapangan (mudah2an benar haha).
Kami akan ditugaskan untuk PPL selama satu semester, yang artinya ilmu selama satu semester sebelumnya akan diterapkan selama PPL ini.. huh im ready sir!

Alhamdulillah gue dapet PPL di SMK N 2 Metro, Lampung.
Sekolah itu memang yang gue mau dan selalu gue minta setiap berdoa kepada Tuhan gue. 
Kenapa gue mau banget ditempatkan di sekolah tersebut? karena sekolah tersebut termasuk salah satu sekolah menengah kejuruan pertanian tertua di Indonesia, whaaaa.

Selain itu, di sekolah ini juga ada Jurusan Budidaya Perikanannya. Yup, basic disiplin ilmu yang gue miliki. 
Tekat gue selama PPL bukan hanya melaksanakan hal yang diwajibkan kampus seperti wajib mengajar selama 6jp dalam seminggu. Melaksanakan PTK dan Memahami tupoksi guru diluar kelas. 
Tapi membangun relasi juga penting, ya maklum gue dilahirkan bukan di keluarga yang isinya banyak orang dalemnya, jadi gue mau buat relasi gue kuat bukan karena orang dalem dari lahir. haha

PPL ini akan dilaksanakan selama 6 Bulan (kurang dan lebih dimaklumi).
Yang artinya juga gue harus pindah kosan, padahal sebelumnya gue udah ngekost selama satu tahun di bandar lampung, tapi ya sudahlah, barangkali akan ada keperluan di bandar lampung sehingga kepake tu kosan untuk singgah.

Semakin tidak sabar menghadapi peserta didik zaman now, semoga ilmu yang satu semester kemarin gue dapat bisa bermanfaat dan bisa menjadi ladang amal bagi diri sendiri dan keluarga, khususnya mamah :').

Sekian...

1 comment: