Wednesday, September 18, 2019

Guru Biasa atau Luar Biasa



Sewaktu masih duduk di bangku SMK, dalam sebuah apel pagi. Kepala sekolah gue berkata.
Janganlah menjadi siswa yang biasa saja, siswa yang hanya datang sebelum bel dan pulang tepat setelah bel berbunyi.
Siswa yang hanya datang ke sekolah hanya untuk belajar, semua orang lakukan itu, lalu apa yang buat kamu berbeda?.
Kalau kamu tidak berprestasi di kelas, lantas tetap seperti itu, apa yang buat kamu istimewa.
Bentuk karaktermu dan jiwa sosialmu dalam kegiatan organisasi, manfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif!

Berulang kali kepala sekolah gue memberi wejangan seperti tadi, hampir di setiap kesempatan.
Dikala itu gue memang tidak berada di lingkaran siswa yang biasa, karena notabene gue adalah sosok yang hyperaktif.
Beruntungnya gue langsung menyalurkan keluar biasaan itu untuk aktif di berbagai organisasi dan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.
Walau sebenarnya ada hal-hal yang pengen gue tunjukkan kepada seseorang yang membuat gue patah hati.

Oke lanjut.

Kemudian saat di kelas gue sering berfikir, dan mungkin agak sebal.
Kenapa ya ada aja lho guru yang ga masuk dalam satu hari KBM?
tentunya itu saat frekuensi otak sedang baik, kalau tidak yaaa kegirangan lalu dipakai untuk bermain atau tidur di kelas.
eh gapernah deng waktu smk gue tidur, gangguin temen yang tidur malah sering haha.

yuk balik lagi ke laptop.

Iyasih kenapa? padahal kan sudah di gaji, tapi kenapa masih mangkir ngajar.
Kita bayaran lho pak! (walaupun gue ga ikut bayaran :p)
Kita berhak mendapat pengalaman belajar dari bapak!

Beberapa tahun setelah itu akhirnya gue jadi guru, dan akhirnya gue punya jawaban berdasarkan versi gue sendiri.
Namun gue fikir jawaban berdasarkan versi gue ini termasuk umum, dan mudah2an valid.

1. Guru Sangat Ingin Melayani Siswa Sepenuh Hati, Tapi!

Ya, gue sangat ingin melayani siswa-siswa gue dengan sepenuh hati.
Mempersiapkan bahan ajar yang sangat baik.
Memberikan fasilitas belajar yang prima.
Selalu hadir dalam jadwal KBM yang ditentukan.
Pokoknya gitu deh, cuman kan ~~

a. Tugas Tambahan
Ini yang terkadang menjadi alasan kenapa guru tidak masuk ke kelas. ada beberapa faktor yang menyebabkan guru mendapat tugas tambahan.
yang pertama, karena hanya guru terkait yang kompeten untuk diberikan tugas.
Atau (biasanya nih ya, setelah menyelesaikan tugas tambahan ada fee nya gitu) jadi yang mendapat tugas tambahan memang guru yang sedang membutuhkan biaya hidup tambahan.
kayak gue sekarang, lel.

b. Kegiatan lain diluar sekolah.
Yang gue maksud kegiatan lain tuh, misalnya usaha sampingan selain menjadi guru.
Terkadang kalau udah janji sama suatu hal, ya memang harus ditepati.
dan terkadang itu mengganggu jadwal KBM yang seharusnya ditepati.
Gue pernah beberapa kali ninggalin kelas, dan memberikan tugas. karena....
karena gue mau ngirim berkas ke kantor pos, these!

c. Sakit, Keluarga Sakit.
Semua orang bisa sakit, dan sewaktu jadi siswa pun pasti pernah sakit kan.
walaupun cuma anget-anget badan, tapi rasanya tubuh ini perlu istirahat komandan :p

d. Melengkapi Berkas-berkas Keperluan Kenegaraan.
Indonesia merupakan negara yang sarat akan pemberkasan dan dokumentasi.
dalam satu kali tatap muka saja berkas yang harus disiapkan jumlahnya bejibun.
Padahal nih yah, biasanya berkas-berkas yang disapkan selalu sempurna, tidak sesempurna pelaksanaan KBM nya.
CMIIW.

e. Jenuh
Dalam beberapa kondisi,dan apalagi sifat seseorang yang berbeda2, dan juga kondisi yang dialami pun berbeda.
Akan tiba saatnya si jenuh bin Bosan datang, yang membuat agak kurang semangat masuk ke kelas.
Jadi hanya meninggalkan tugas, biasanya tugasnya mencatat :p.
Gue pernah kayak gini, tapi siswa gue setelin film. Ya filmnya emang yang memiliki nilai-nilai moral ya.


Rasanya seperti tidak adil ketika siswa alfa kemudian diproses oleh pihak berwenang, sedangkan guru ada juga alasan agar tidak mengajar.
Rasanya seperti benci pada diri sendiri, dulu ketika menjadi siswa protes kalo guru ga masuk, sekarang malah sering ga masuk.
Tapi ya itu, semua guru tentunya sangat ingin untuk bisa melayani siswanya dengan maksimal. Tapi ada beberapa hal yang membentur niat itu,
salah lima nya yang gue tulis diatas. mungkin masih banyak lagi, tapi kelima alasan diatas semua pernah gue alami :p haha.

Saat ini gue udh genap dua bulan menjadi tenaga pendidik, baru dua bulan geh.
Ya mudah-mudahan tulisan ini adalah self reminder lah yaa minimal.
Kalau bisa menjadi bermanfaat bagi yang lain Alhamdulillah.

Oh ya btw gue udh 3 kali jadi host di KKSI Pembibitan ikan lhoo hihi.
ini videonya, ditonton yaa :D



Sekian dan Terima Kasih
#HappyBlogging
#TeacherBlogger











Tuesday, September 03, 2019

Hujan

Mendengar rintikmu ku bahagia.
Sambil menikmati alunan lelagu ini.
Sesekali ku menengok meria
Awan-awan itu berkumpul sekaan sedang reuni.

Hujan?
Dirimu tak ada habisnya.
Aku merengkul pada bantal2 di diatas kasur.
Beserta baju2 kering yang masih berserakan diatasnya.

Belum ada hasrat untuk membenahi yang seharusnya.
Aku masih tenggelam dengan perasaanku yang kelam.

Hujan?
Kenapa bisa kamu turun?
Padahal aku tidak pernah melihat air naik.
Siapa yang memintamu hadir?

Kemarin..
Disepanjang musim kering engkau acuh hadir
Disaat ku sedang ingin menikmati cerah!
Kau datang bergerombol seakan sedang mencari makan

Makan apa yang bukan hak mu
ja

Sunday, April 07, 2019

Unconcistency

Setiap hari elo harus punya target, supaya hari lu jelas.
Supaya ada evaluasi sebelum fajar terbit di esok harinya.
Supaya hari esok lebih baik dari hari kemarin.

Rupanya semua itu tidak mudah, butuh konsistensi dalam menjalani hari.
Gue pribadi termasuk orang yang mudah goyah, mudah terpengaruh.
Sehingga banyak target yang meleset, bahkan lebih parahnya terpending hingga ratusan hari.
Sampai akhirnya terlupa pernah mau berniat baik.

Sunday, January 20, 2019

Pembekalan PPL



Akhirnya sampai juga di check point ini. 
Walaupun harus rela bin ikhlas untuk melepas masa liburan.
Sepertinya liburan 2 minggu masih kurang buat gue.
Maklum gue kan manusia, dan sifat dasar manusia adalah "tidak pernah puas".
Mari lanjut ke topik inti.

Hari ini tepat saatnya gue dan teman-teman (Mahasiswa PPG Universitas Lampung) untuk menerima pembekalan sebelum terjun ke PPL.

Apasih PPL?

PPL itu singkatan dari Praktik Pengalaman Lapangan (mudah2an benar haha).
Kami akan ditugaskan untuk PPL selama satu semester, yang artinya ilmu selama satu semester sebelumnya akan diterapkan selama PPL ini.. huh im ready sir!

Alhamdulillah gue dapet PPL di SMK N 2 Metro, Lampung.
Sekolah itu memang yang gue mau dan selalu gue minta setiap berdoa kepada Tuhan gue. 
Kenapa gue mau banget ditempatkan di sekolah tersebut? karena sekolah tersebut termasuk salah satu sekolah menengah kejuruan pertanian tertua di Indonesia, whaaaa.

Selain itu, di sekolah ini juga ada Jurusan Budidaya Perikanannya. Yup, basic disiplin ilmu yang gue miliki. 
Tekat gue selama PPL bukan hanya melaksanakan hal yang diwajibkan kampus seperti wajib mengajar selama 6jp dalam seminggu. Melaksanakan PTK dan Memahami tupoksi guru diluar kelas. 
Tapi membangun relasi juga penting, ya maklum gue dilahirkan bukan di keluarga yang isinya banyak orang dalemnya, jadi gue mau buat relasi gue kuat bukan karena orang dalem dari lahir. haha

PPL ini akan dilaksanakan selama 6 Bulan (kurang dan lebih dimaklumi).
Yang artinya juga gue harus pindah kosan, padahal sebelumnya gue udah ngekost selama satu tahun di bandar lampung, tapi ya sudahlah, barangkali akan ada keperluan di bandar lampung sehingga kepake tu kosan untuk singgah.

Semakin tidak sabar menghadapi peserta didik zaman now, semoga ilmu yang satu semester kemarin gue dapat bisa bermanfaat dan bisa menjadi ladang amal bagi diri sendiri dan keluarga, khususnya mamah :').

Sekian...

Friday, November 02, 2018

Educate Your Self



Pada 3 pertemuan kuliah terakhir benar-benar membuat gue sadar betapa pentingnya untuk memotivasi diri.
Outputnya simpel, agar kita mau berjuang untuk menggapai semua yang diinginkan.
Membangun motivasi, membentuk konsep diri.

Kita semua tahu bahwa di era yang sangat maju ini semua bisa diraih dengan sangat mudah.
Apapun itu.
Jadi agak aneh aja ketika ada orang yang suka banget nanya hal-hal yang mendasar.
Kalau kata Dosen gue kemarin dalam setiap circle pasti ada orang seperti itu.

Satu hal sih yang gue pikir, kenapa dia suka banget nanya-nanya hal mendasar.
Yang seakan men describe dia like innocent people.
Kalau pikiran gue dia sengaja nanya2 hal kecil karena cuma mau ngetes kita aja.

Gue pribadi kalau di dalam sebuah lingkaran, ketika mau nanya hal sebelumnya gue udh googling dulu. Biar ga bego2 banget. Tapi tujuan gue googling biar apa yang gue lempar ke forum ya engga cuma kejawab sampe kulit, tapi bisa mengkerucut sampai ke biji sehingga dapat kesimpulan. That's why we must train our brain so it can improve its high order thinking skill

Buang-buang waktu ga sih, misalnya elu udah tau suatu hal.
lalu elu lemparkan ke forum, disaat yang sama elu mempermasalahkan jawab temen2 elu yang kurang ngena sama yang elu mau dapet.

That's all..
Educate Your Self!

Wednesday, October 31, 2018

Good Bye The Sweetest October

Yeaa. you are the sweetest october ever!
So far..

Hi, this is the last day of you.
Thanks for being very awesome this year.
Her day,
Our day,
And my day.

I ever heard song from blink 182.
"and we'll have halloween on christmast"
But i got valentine on halloween hihi..


Yaa, this is my very first time i got suprise on my bday.
Surprise from the one, very special one.
Ami, thanks for to do it for me.
I will remind this forever ever after.

Before that, i gave u same surprise on ur birthday.
And that was either my very first suprise that i give to my special one.

October was our month, but i hope we can share happines each other not just in that month.
There are november, desember, january and friends that waiting us :).

Sunday, October 28, 2018

When dinosaurus r getting merried


someday in a class, my classmate ask people.
Whats animal that reflect to your self?
Then i answer dinosaurus, i don't know how. i just loved them.
I started like dino when i was in elementary school.
You all may know a film called  land before time? if you know we are in same generation.
I either play that thing on playstation one, and finish the game just a week.

Okay,  back to the topic..
After i answered dino, my friend says "People who feels theirselves like dino have an opinion that marriage ain't important"
That's right dhieks? "yes i do"

I don't know, i just feel for what we spent many times and money. energy or anything else
Just for one day wedding reception?
And you know what? our country have many culture, that's why marriagge process can be complicated.
If you have the one (calon) who has different culture with yourself / ur family.
You must to fight to thru many process, many step, much effort.

That's why i think wedding ain't too much important.

Until someday,
someone come to my life.
I never felt so secured, i never felt so safe before.
never have controll of my self till her came into my life.. eaa.
She makes me decline what i think about marriage before.
She makes me really want to fight to thru many process, many step, much effort.
it may takes much energy, but it doesn't even matter.
As long as i thru that process with you.
Only with you.


Person in this story.
- Ami