Penugasan Terakhir, Hampir Usai~


Gak sampe dua minggu praktik akhir ini selesai. Akhirnyaa, gak kerasa ternyata gue bisa bertahan melalui semua proses pendidikan di instansi ini hingga di penugasan terakhir. Kalau mau dibilang banyak rintangan wah banyak banget pastinya. Beberapa kali gue hampir mau nyerah dari instansi ini. Bahkan pernah gue udah daftar ke Kampus lain waktu semester 3. Tapi balik lagi gue anggep itu cuma kejenuhan sesaat. Gue balik semangat karena inget tujuan awal kenapa gue disini. #mulaisotoy

Kalau yang belum tau Penugasan Terakhir ini namanya KIPA (Karya Ilmiah Praktik Akhir) Kalau di kampus konvensional namanya Skripsi. Sama aja, elu kira kite yang di asrama kaga pusing sama skripsi wkwk. Mulai dari penentuan judul, Penyusunan Usulan Topik Praktik (Manajemen/Penelitian Terapan). Seminar Usulan, Proses pengambilan data dan penyusunan. sampe ke seminar akhir + sidang.

Cuma beda nya kita satu angkatan ngerjainnya dalam satu ruang lingkup. Yups, di asrama. Kalau ada temen yang males2an, kerja nya tidur doang atau main game aja ya kita ajak ngerjain bareng, Apalagi kalo udah diingetin tapi masih ngeyel wah langsung kita ceburin aja ke kolam ikan yang ada di lingkungan asrama haha.

Praktik akhir ini berlangsung selama 3 bulan guys. Kita satu angkatan tersebar luas dari sabang sampai marauke, mantab kan.

Banyak hal yang gue dapet di tempat gue praktik ini. Gak cuma data2 yang emang gue mau ambil tapi nilai2 kehidupan laainnya gue juga dapet. ceileh. Dan ternyata, dinas jaga yang selama ini dilaksanakan di kampus ada impact nya di tempat praktik gue ini. Apalagi tempat gue praktik itu tempat usaha pembenihan ikan patin. Kalau yang belum tau sini gue kasih tau.

Larva ikan patin itu pada usia 2-5 hari setelah menetas sudah mulai diberi pakan. Dan pemberian pakannya itu setiap 2 jam sekali. Karena laju pengosongan lambungnya memang berlangsung cepet guys. setelah lima hari baru deh interval pemberian pakannya meningkat 3 jam. sampe akhirnya kalau udah usia 14 hari larva patin diberi pakan setiap 6 jam sekali.

Lokasi gue praktek di desa babakan, ciseeng, bogor. Kalau yang belum tau, sini gue kasih tau lagi. Gratis brooh. Disini tuh kawasan minapolitan perikanan guys. Jadi sejauh mata memandang banyak banget terhampar kolam2 pemeliharaan ikan. Hampir setiap rumah punya kolam ikan, entah itu ikan hias atau konsumsi.

Kalau mau kesini silahkan aja, patokannya tugu lele. Dijamin harganya murah banget!. Karena kita langsung ketemu sama produsennya tanpa perantara haha.

BTW itu di header postingan ada gambar kaos KIPA kan ya hehe, kalo temen2 ada yang berminat dan pengen punya kaos itu. silahkan bisa dipesan disini :D https://tees.co.id/ps/tw/430655

#HappyBlogging

You Might Also Like

1 comments

  1. Asiknyaaa praktik dipembenihaan ikan patin 😁😁 lancaar buaat tugas atau step selanjutnyaa yaak. Salam kenaal 😁

    ReplyDelete