Friday, April 14, 2017

Wahai Digital Art, Datanglah~

Judul: Wahai Digital Art, Datanglah~
Tujuan: Membagikan pengalaman tentang membuat karya digital
Batasan Masalah: Desain Grafis, Vectorizing.

Pendahuluan:
Pertama gue dibeliin komputer tuh pas kelas 1 SMK. sumpah deh gue seneng banget . Love you mom dad. Kayaknya gue pernah cerita dikit tentang ini di tulisan :

coba cek kesana dulu nanti balik kesini lagi :p.

Gue sadar gambar manual gue jelek banget. Boro-boro gambar tulisan aja kayak ceker ayam haha. Tapi gue punya keinginan gitu, bisa punya gambar yang bagus. Ya namanya keinginan, semua orang juga pasti punya keinginan walaupun agak susah untuk menggapainya. Intinya sih emang bener harus giat, dan punya niat. Abis itu kumpulin motivasi. Kalo peralatan mah gampang, bisa minjem, gakperlu yang mahal mahal. Karena intinya sebuah karya tercipta bukan karena gear nya. Tapi Man Behind The GUN! yoiiii. Bikin Blockquote ah.

Karena sebuah karya tercipta bukan karena gear nya. Tapi "Man Behind The GUN.."
Singkat cerita gue belajar pake photoshop. Karena dasarnya, sebelum main photoshop gue seneng bikin gambar2 gitu di microsoft paint, sama bikin2 animasi di microsoft power point. Ternyata main photoshop asik banget. Semua gue lakuin secara otodidak. Yap, cukup ketik apa yang pengen elu pelajari di gugel, Tinggal pilih mau pake yang mana haha. Pernah sih sesekali baca buku panduan gitu, di toko buku. Baca ditempat guys, bukan beli haha.

Dan disaat gue baru dibeliin komputer. Pee wee gaskins baru aja ngeluarin album juga guys. (apa nyambungnya dik?) santai broo, baca dulu baru komentar :p.

Ad Astra Per Aspera, Dan artwork albumnya keren banget. Kayak gambar kartun gitu. Gue mencoba menelaah, ini pake photoshop bukan sih?. Gue cari2 tutorialnya di gugel dan ternyata iya, pake photoshop. Gue tekunin buat bikin gambar itu, jatuh bangun gue lalui dan akhirnya terciptalah gambar vector manual pertama gue.


Kurang lebih satu tahun gue baru bisa bikin yang kayak gini. ternyata simpel, yang sulit dipahami tuh bukan tekniknya guys, tapi konsep nya. Apapun itu kalau kita udh tau konsep kerjanya, gak perlu dengan cara yang sama kita bisa menuntaskannya kok (mulai sotoy).

Setelah itu gue mulai seneng bikin2 gambar vector lagi, dan ini hasilnya.

Masih aneh sih tapi dengan hasil segitu aja udah banyak yang minta bikini hahaha. Oiya gue SMK itu Jurusannya Teknik Agribisnis Perikanan, gada nyambungnya sama komputer ataupun desain grafis kan? karena tempat kita sekolah engga menentukan kita bakal jadi apa nantinya haha (sotoy again).

Setelah kedua gambar itu gue vacum bikin gambar2 karena banyak tugas dan sibuk organisasi di sekolah. Yap yap kenapa ya, tugas dan kegiatan ekskuler selalu menjadi kambing hitam. 

Dan akhir2 ini gue mulai ngerintis lagi apa yang udah gue mulai sebelumnya hasilnya lumayan, dan temen2 gue juga banyak yang suka, ga sedikit juga yang minta bikinin gratisan.. Helloooo desain grafis bukan desain gratis yaa :p

Desain Grafis Bukan Desain Gratis yaa :p

Dan ini hasilnya..


Perkembangannya gue rasa banget. Dan seperti biasa, menyesal selalu ada di akhir. "coba waktu itu ditekunin bener2 mungkin sekarang hasilnya udah banyak tuh" dasar manusia!.

Yup, inilah yang namanya vector art. Konsep kerjanya kita ngejiplak foto yang udah ada. dan dijadikan warna solid sehingga membentuk satu kesatuan dan nampak seperti kartun. (sotoy again).
Gue ngerjain ini masih agak lama sekitar 5-7 jam. Yaa maklum masih pemula. Gue udah cek di forum2 ada juga ternyata yang menyediakan jasa order ngevector gini. dan harganya lumayan hihi. Kalau dibikin usaha kira2 gimana ya? apa banyak yang minat?

tapi gue coba share ke temen2 di jurusan kayaknya pada gak minat. atau gak ngerti, atau mungkin ga butuh kali ya. atau mungkin maunya gratisan haha :P. emang iya sih apapun itu yang gratisan  emang enak. tapi dengan waktu pengerjaan 5-7 jam dengan dibandrol harga 75rb menurut gue worth it lah. ditambah lagi customer bisa dapet file vector nya. jadi ga habis sampai disitu aja, kita masih bisa pake hasil karyanya buat dicetak di kaos, jadiin hiasan dinding, di gelas, atau dimanapun elo mau. selain itu vector ini juga cocok buat hadiah ulang tahun, anniversary, wisuda dan semacamnya. (eh malah jadi promosi aha)..

eh malah jadi promosi, haha

ada yang lupa guys. FYI: foto itu adalah fotonya JayKent, dia penyanyi dari negeri tetangga PHI. dia berasal dari ajang pencarian bakat gitu. pertama denger dia nyanyi pas lewat utube, awalnya gue kira cowo eh ternyata cewe. mirip banget juga sama miley cyrus hihi..

Kesimpulan: kok baru pendahuluan langsung kesimpulan? (suka suka gue dong, kan yang sotoy gue bukan elo haha #kidding).. Selesaikan apa yang udah elo mulai.

#happyblogging

1 comment: