KULIAH ?


Ada satu percakapan yang bikin gue masih mikir sampai sekarang.

People A: Buat apa sih kuliah? banyak kok orang sukses dan dia enggak kuliah.
People B: Yaa palingan satu dari sekian juta itu mah..
People A: Lagian percuma kuliah kalau enggak sesuai minat kan?
People B: Bersyukur bisa kuliah, banyak orang pengen kuliah tapi gabisa.
People A: hemmm
People B: Coba elu tanya sama orang sukses itu, pasti dia berusaha sampe sukses sekarang karena ngumpulin uang buat kuliah..
People A: tapii....

Iya bener banget, kalo menurut gue dari opini kedua orang tersebut engga ada yang salah. Banyak kok orang sukses yang engga ngelewatin bangku kuliah. Banyak juga orang yang udah kuliah jauh-jauh sekarang masih nganggur, nyeduh kopi sama pantengin koran tiap hari. Tapi bukan itu intinya sih.

Semuanya balik lagi ke orang masing-masing. Perkara kuliahnya engga sesuai sama minat atau engga urusan belakangan. Sebagai manusia kita harus punya prinsip guys!. dan ada satu kalimat yang selalu jadi penyemangat gue.. "Just Finished What You've Started" Yups, selesaikan apa yang udah elu mulai! From The Song Of -> Pee wee gaskins - Here up on the attic.

Enggak cuma akademik aja yang kita dapet dari kuliah. Tapi bagaimana mengatur diri sendiri. Belajar mandiri sih istilahnya. Apalagi buat kita-kita yang kuliah jauh dari kampung halaman, yang mengharuskan kita untuk tinggal ngekost atau di asrama kampus. Kurang lebih 4 tahun selama kuliah kita akan benar-benar mengatur semuanya sendiri. Dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dan ini kepake banget nanti di dunia kerja. Bagaimana elu di dunia kerja, adalah hasil latihan elu pada saat itu.

Bedanya dengan sekolah menengah pertama atau atas, SMP / SMA. Di dunia perkuliahan organisasinya berasa banget mandirinya. Kalau di Bangku sekolah menengah kita masih dibimbing sama guru / pembina untuk masing2 ekskul atau organisasi. Di Bangku kuliah organisasinya bener-bener menyala. Bukan hanya mandiri dari sisi bagaimana pembagian tugas, menjalankan program kerja, pencarian dana untuk kegiatan. Politik pun sudah mulai ada rasa pada level ini. Dan bagaimana diri elo saat berorganisasi akan terpakai di dunia kerja nanti.

Dari tadi udah banyak ngomongin mandiri. Ini salah satu hal yang paling sensitif. Sebagian dari kita mungkin ada yang ngerasa, duh pengen deh rasanya bisa ngumpulin uang dari keringet sendiri. Biar ga terlalu bebanin orang tua. Man! siapa yang engga mau kayak gitu. Tapi nyatanya masih banyak kemauan-kemauan engga penting dan kita ngerengek-rengek minta ke orang tua buat menuhin itu. Iyap, di dunia kerja bakal kerasa banget susahnya mengatur keuangan. Semua kita mulai dari latihan.

Seenggaknya kalau elu udah di semester akhir sekarang. Belum terlambat buat memulai latihan ini. Anggap simulasi ini apa yang benar-benar akan kita hadapi nantinya. Salah deh, ini bukan simulasi. Ini udah kehidupan asli.

#SelfTalk
#CMIIW

You Might Also Like

1 comments

  1. Artikel yang menarik.
    Menurut gua kuliah itu hanya batu loncatan untuk mendapatkan ilmu serta gelar di belakang namanya.
    Yang berpikir gak harus kuliah bisa sukses itu berarti harus menjadi entrepreneurship dan kuliah itu untuk mendapatkan pekerjaan profesi. Dokter wajib kuliah gak ada dokter yang gak kuliah.
    😃😃

    ReplyDelete