Thursday, August 24, 2017

Berani karena takut

Terdapat ketimpangan dalam judul yang gue tulis ini. Tapi emang nyatanya gitu sih. ya at least dalam hal-hal yang udah gue lalui. Gue bisa melakukan sesuatu karena diawali dengan rasa takut. Gue bisa berenang atau berani untuk mau coba berenang karena gue pernah hampir tenggelam (kecemplung lebih tepatnya) di bak mandi rumah nenek gue. Atau gue mau belajar dan bisa untuk paham tentang IT & Graphic Designing ya karena takut gaada hal lebih yang gue punya dibanding orang lain.

So you can find your excess from your fear. Just learn without (f)(b)ear broo.

Waktu itu lagi musimnya mainan mobil-mobilan yang ada kuncinya. Jadi fungsi kuncinya itu untuk melontarkan mobilnya. Ini jaman kelas 6 sd. Gue bela-belain engga jajan seharian buat beli mobil2 itu keesokan harinya. Setelah gue beli mobil ini gue mainin di sekolah, dirumah dan dimanapun. Adek gue bim-bim gue kasih satu dari 3 mobil yang gue punya. Mobil andalan gue yang warna hitam, karena ini yang harganya paling mahal (waktu itu enam ribu rupiah). Singkat cerita gue ga puas hanya dengan melontarkan mobilnya di lantai (di darat) dan gue coba mainin di ember ternyata mobilnya bisa mengambang. Dengan keputusan singkat gue coba lontarin mobilnya di bak kamar mandi nenek gue yang dalam nya hampir dua meter. Gue ajak adek gue bimbim buat mainin ini di kamar mandi. Gue mulai memasukan kunci ke bagian belakang mobil dan siap untuk melontarkannya. Ketika gue tekan tombol pelontar mobilnya segera melaju, dan ternyata mobilnya menuju ke dasar kolam. Aduh ini mobilan mahal masa kecemplung sih, dengan nekat gue ambil itu mobil. Tapi semua diluar kendali ternyata gue kepeleset dan setengah bagian tubuh gue udah masuk di air. Tinggal kaki gue yang masih diatas karena nyangkut di bagian ujung kolam. Yang ada di dalam pikiran gue saat itu, gimana caranya gue bisa naik keatas. Yang gue denger adek gue histeris teriak-teriak, dan enggak lama badan gue ada yang narik. Gue digendong dan langsung dibawa ke ruang tv. Mobilannya berhasil gue ambill, dan disitu gue takut banget. gue takut diomelin. Karena hanya satu mainan dengan harga enam ribu gue hampir mencelakakan diri sendiri. Dari situ gue dinasihatin, kalau mainan harus dilihat kondisinya, kalau cuma karena mainan murah yaa biarin aja. Mamah pasti beliin lagi kok. Dari situ gue tau, kalo gue bakal pertahanin apa yang bener2 gue suka. Apalagi gue tau perjuangan untuk bisa beli mobilan ini gue harus engga jajan sehari full untuk bisa beli di keesokan harinya. Dan dari sini gue mau untuk bisa belajar berenang. Supaya apabila ada hal yang gue suka jatuh lebih dalam dari ini gue bisa menggapainya.


Bahasa inggris, satu pelajaran yang gue kurang suka. Kenapa kita harus belajar bahasa inggris. sedangkan nilai mata pelajaran bahasa indonesia aja masih rendah. Suatu hari di kelas bahasa inggris kelas 3 smp, gue bercanda-canda sepanjang mata pelajaran berlangsung. Dan tiba saatnya sesi tanya jawab, guru gue dengan random menunjuk siswanya dan menanyakan apa arti dari kata yang dia sebutkan. selagi bercanda-canda tiba-tiba gue yang kena tunjuk. dan dia menanyakan apa arti dari sentences. seketika gue diam, satu kelas pun ikut menghening. hampir 15 detik gue diam tertunduk enggak berani menatap wajah guru gue, dan akhirnya gue bilang, saya gak tau pak. Gue pun di setrap di depan kelas, temen gue ketawa kecil ngeliat gue di setrap. Dari situ, gue mau nunjukin kalo gue bisa, gue harus bisa belajar bahasa inggris. Gue sadar, gue sering main game dan gamenya bahasa inggris, gue bisa kok. Gue juga seneng denger lagu bahasa inggris dan gue bisa. Lalu kenapa gue gabisa bahasa inggris. Gue mulai memahami satu demi satu kata yang ada, gue juga nabung buat beli kamus kecil jadi gue bisa bawa kemana-mana. dan setiap nemu kata yang gue gatau gue langsung cari artinya. Well sekarang gue lumayan bisa bahasa inggris, walaupun masih mentah, tapi untuk speak gue udh berani, untuk writing juga udah lumayan. Yaa lumayan dibanding engga sama sekali.

kelas 2 smp, ada PR mata pelajaran IPA. Kita ditugaskan membuat kliping, dan lagi2 ngerjainnya ke warnet. Btw gue ga terlalu ngerti gimana cara mengcopy gambar dari internet ke file word. dan kebetulan temen yang gue ajak buat ngerjain juga engga ngerti2 amat. Disitu gue dititipin tugas sama temen2 gue yang lain, ada 6 orang yang nitip ngeprint sama gue. selama 2 jam ngewarnet gue pulang dengan tangan kosong karena gue ga ngerti gimana cara ngesave nya. keeseokan harinya, seperti biasa gue berharap kalo guru ini gamasuk, kebetulan guru killer banget, pake banget. Temen2 udah nanya, dik mana tugasnya? gue cuma bisa jawab, kemaren pas gue ngewarnet komputernya kena virus, jadinya file nya rusak. sumpah alasan klasik banget.
Tiba2 guru nya ternyata masuk, Bu Endang. detak jantung gue berdebar ga beraturan. Udah gitu kata beliau saya panggil secara random, dan shit ternyata nama gue yang pertama dipanggil. Gue cuma bisa jawab, maaf bu saya belum selesai. Disitu gue dibentak dan gue nangis, gue disetrap di lorong lantai tiga, semua guru dan anak murid yang lewat nanya gue kenapa dik.
Selesai pelajaran Bu Endang manggil, Dika, saya kasih kamu kesempatan sekali lagi.
Pas gue masuk ke kelas, temen2 ngetawain gue, ngapain lu nangis dik. hahaha
Disitu gue bertekad, gue harus tunjukin kalo gue bisa...

Hari ini tanggal 24 Agustus, dan di tanggal 4 September nanti gue bakal di wisuda, yap men, gue Sarjana. Gue adalah orang yang gabisa jawab apa arti sentences waktu kelas 3 SMP, atau gue orang yang nangis waktu dibentak guru pas kelas 2 SMP. Semua jalan yang gue lalui bener2 emejing, bener2 ngebentuk gue buat jadi pribadi yang lebih kuat. Hadapi dunia~

No comments:

Post a Comment