Saturday, September 08, 2018

Mie Goreng



Tenang aja, ini bukan tulisan sedih,
karena yang sedih sedih tempatnya bukan disini.

Jadi ceritanya gue kangen sama mie goreng.
Sengaja gue ga sebut merk, karena gue ga dibayar juga :p.
Udah satu bulan gue ngekos dan belum pernah gue makan mie goreng (mie instan).
Baru aja malem ini kesampean.
Pernahh si waktu masih masa orientasi, itu juga masaknya di rumah om roby.
Tapi ga gue masukin hitungan karena belum masuk periode gue ngekos.

Dulu sewaktu gue masih di asrama gue ga terlalu mikir soal keuangan.
Terutama untuk urusan perut, karena udah dijatah sama negara.
tiga kali sehari, empat sehat lima sempurna.
Ya, walaupun kadang bosen sama lauk yang disediakan ruang makan (loligo).
Disitulah bagian kurang bersyukurnya gue.

Dulu juga sewaktu masih asrama gue sering sering lihat meme tentang anak kost.
Dan gue nilai mereka agak hyperball sih, yang katanya tiap tangga tua makan mie.
Satu bungkus mie buat dimakan tiga kali dalam sehari.
Sarapan Pakai Kuahnya setengah,
Makan Siang Pakai Mie nya Setengah,
dan Makan malam pakai sisaan setengah dari mie dan kuah yang dimakan pagi.
Ada juga berbagai macam model yang bisa kalian temui di internet.

Setelah gue masuk ke dunia anak kost.
Gue mulai teliti soal keuangan, ya memang berat.
Yang awalnya sudah disediakan negara, tinggal makan.
Sekarang benar-benar me manage dari 0 sampai selesai.

Tapi ada satu yang gue garis bawahi.
Sisi keuangan emang gue press habis.
Tapi makan mie instan bukan pilihan terakhir buat gue.
Ada beberapa strategi yang juga hemat dan juga sehat.

1. Masak nasi sendiri
Emang agak ribet,  tapi ini bener2 mangkas biaya hidup.
Untuk 1 kg beras di lampung berkisar 10rb - 12 rb.
1 kg bisa buat 4 hari, dan seharinya makan 3 kali.
Kalau dihitung untuk satu kali makannya gue ngeluarin 1000 rupiah untuk sepiring nasi :).

2. Beli sayur dan Lauk eceran.
Lalu sayur, disini banyak rumah makan yang bisa kita ecer beli sayur atau lauknya aja.
Kalau sayur gue ngeluarin 3000 rupiah per hari, bisa dimakan 3 kali.
Lauk pauk bervariasi mulai 1000-3000 rupiah per jenis lauk.
Hitungan Kasarnya gue ngeluarin sekitar 10rb per hari untuk 3 kali makan.
Dan 3300 rupiah per sekali makan.

See? dibanding beli mie instan dengan harga 2500 per bungkus.
Dan dengan cara masak yang mungkin cuma direndam dengan air panas.
Dan juga harga yang ga beda jauh dengan rincian lauk diatas.
Gue sih gamau ngorbanin kesehatan gue dengan terus mengkonsumsi mie instan hampir setiap hari.
Ditambah lagi temen kuliah gue skrg rata2 background s1 nya TekPang (Teknologi Pangan).
Yg lebih paham tentang gitu2an, jadi nya gue milih hidup sehat deh.

Sekian tulisan dari gue, Itung2an ongkos makan diatas untuk area bandar lampung.
Mungkin bisa jadi lebih murah di daerah kalian :D.
Tetap semangat pejuang Kos, semangat menjalani hidup.
Semangat juga untuk segera menuntaskan kuliah nya.
Jangan Lupa Bahagia.

2 comments:

  1. Harga beras sama sayur di Kendal juga segitu kak. Btw, salam kenal ya. Aku suka makan mie instant tapi kalo inget tentang kesehatan jadi ogah gitu kalo mau makan mie instant.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo siti, iya salam kenal juga. Ya boleh lah makan mie instant seminggu sekali hehe

      Delete