Sunday, January 20, 2019

Pembekalan PPL



Akhirnya sampai juga di check point ini. 
Walaupun harus rela bin ikhlas untuk melepas masa liburan.
Sepertinya liburan 2 minggu masih kurang buat gue.
Maklum gue kan manusia, dan sifat dasar manusia adalah "tidak pernah puas".
Mari lanjut ke topik inti.

Hari ini tepat saatnya gue dan teman-teman (Mahasiswa PPG Universitas Lampung) untuk menerima pembekalan sebelum terjun ke PPL.

Apasih PPL?

PPL itu singkatan dari Praktik Pengalaman Lapangan (mudah2an benar haha).
Kami akan ditugaskan untuk PPL selama satu semester, yang artinya ilmu selama satu semester sebelumnya akan diterapkan selama PPL ini.. huh im ready sir!

Alhamdulillah gue dapet PPL di SMK N 2 Metro, Lampung.
Sekolah itu memang yang gue mau dan selalu gue minta setiap berdoa kepada Tuhan gue. 
Kenapa gue mau banget ditempatkan di sekolah tersebut? karena sekolah tersebut termasuk salah satu sekolah menengah kejuruan pertanian tertua di Indonesia, whaaaa.

Selain itu, di sekolah ini juga ada Jurusan Budidaya Perikanannya. Yup, basic disiplin ilmu yang gue miliki. 
Tekat gue selama PPL bukan hanya melaksanakan hal yang diwajibkan kampus seperti wajib mengajar selama 6jp dalam seminggu. Melaksanakan PTK dan Memahami tupoksi guru diluar kelas. 
Tapi membangun relasi juga penting, ya maklum gue dilahirkan bukan di keluarga yang isinya banyak orang dalemnya, jadi gue mau buat relasi gue kuat bukan karena orang dalem dari lahir. haha

PPL ini akan dilaksanakan selama 6 Bulan (kurang dan lebih dimaklumi).
Yang artinya juga gue harus pindah kosan, padahal sebelumnya gue udah ngekost selama satu tahun di bandar lampung, tapi ya sudahlah, barangkali akan ada keperluan di bandar lampung sehingga kepake tu kosan untuk singgah.

Semakin tidak sabar menghadapi peserta didik zaman now, semoga ilmu yang satu semester kemarin gue dapat bisa bermanfaat dan bisa menjadi ladang amal bagi diri sendiri dan keluarga, khususnya mamah :').

Sekian...

Friday, November 02, 2018

Educate Your Self



Pada 3 pertemuan kuliah terakhir benar-benar membuat gue sadar betapa pentingnya untuk memotivasi diri.
Outputnya simpel, agar kita mau berjuang untuk menggapai semua yang diinginkan.
Membangun motivasi, membentuk konsep diri.

Kita semua tahu bahwa di era yang sangat maju ini semua bisa diraih dengan sangat mudah.
Apapun itu.
Jadi agak aneh aja ketika ada orang yang suka banget nanya hal-hal yang mendasar.
Kalau kata Dosen gue kemarin dalam setiap circle pasti ada orang seperti itu.

Satu hal sih yang gue pikir, kenapa dia suka banget nanya-nanya hal mendasar.
Yang seakan men describe dia like innocent people.
Kalau pikiran gue dia sengaja nanya2 hal kecil karena cuma mau ngetes kita aja.

Gue pribadi kalau di dalam sebuah lingkaran, ketika mau nanya hal sebelumnya gue udh googling dulu. Biar ga bego2 banget. Tapi tujuan gue googling biar apa yang gue lempar ke forum ya engga cuma kejawab sampe kulit, tapi bisa mengkerucut sampai ke biji sehingga dapat kesimpulan. That's why we must train our brain so it can improve its high order thinking skill

Buang-buang waktu ga sih, misalnya elu udah tau suatu hal.
lalu elu lemparkan ke forum, disaat yang sama elu mempermasalahkan jawab temen2 elu yang kurang ngena sama yang elu mau dapet.

That's all..
Educate Your Self!

Wednesday, October 03, 2018

Balada Pendaftaran CPNS 2018


Hari ini baru saja diumumkan bahwa pendaftaran CPNS 2018 diperpanjang.
Iya diperpanjang hingga tanggal 15 Oktober 2018.

Kemudian gue berbincang dengan teman, gimana pendapat elu tentang pendaftaran yang diperpanjang.
"Ya percuma sih diperpanjang kalau akses ke website nya masih lalod.
Kita sih ga masalah pendaftaran cuma seminggu asalkan akses kesananya gampang.
Lah ini waktunya aja yang diperpanjang, tapi akses nya masih sulit."

Temen gue berkata demikian, guepun mengamininya..

Kemudian selain itu, dibanding tahun lalu jelas berbeda.
Akses menuju halaman registrasi peserta tes lebih mudah waktu tahun lalu, jauh lebih mudah.
Gue ga paham apa yang terjadi di atas sana sekarang.
Harusnya kan pemerintah siap, tenaga teknis di bidang terkait juga pastinya banyak dan memumpuni.
Dan harusnya malah lebih baik dibanding tahun kemarin.
Atau yang dipekerjakan tidak sesuai kompetensinya? melainkan karena relasinya?
Ah sudahlah...

Ada juga yang sedikit menggelitik.
label Sarjana di negeri ini terlalu beragam, padahal intinya cuma satu.
Misalnya Sarjana Perikanan, Ada S1 dan DIV.
Kalau dilihat dari KKNI S1 dan DIV itu setara, SETARA...


Kemudian yang membingungkan ada Instansi yang sadar dan menerima perbedaan tersebut.
Namun ada yang kekeh harus terpaku pada apa yang mereka minta.

Terlalu ribet ya?
Okay, i'll make it simple.

Ada beberapa instansi yang menuliskan latar belakang pendidikan pelamar boleh dari S1 maupun DIV.
Namun lebih banyak instansi yang menuliskan bahwa formasi tersebut hanya bisa diisi oleh Lulusan Berlabel S1.
Ini Contohnya. (Screenshoot formasi)


Padahal kan buat posisi yang sama.
Apa karena beda instansi beda kebijakan?
Kalau dibilang D-IV beda dengan S-1, iya memang beda.
Dari proses kuliahnya juga beda, tapi kan itu cuma label.

Kalau dibilang D-IV lebih siap kerja iya betul.
Kalau dibilang S-1 lebih siap materi iya betul juga.
Beda nya disitu, lulusan D-IV lebih siap untuk terjun langsung sedangkan S-1 lebih kaya akan materi.
Tapi itu cuma gambaran umum, semua kan balik lagi ke pribadinya.

Ada kok individu lulusan S-1 yang lebih gigih dalam bekerja dibanding D-IV nya.
Ada juga individu lulusan D-IV yang lebih memumpuni penguasaan teori dibanding S-1 nya.

Pak Buk, Saya harap negara ini benar-benar negara demokrasi.


Sumber Tabel Formasi
BKD Pemprov Jatim
BKD Pemprov Bengkulu

Tuesday, October 02, 2018

Hari Batik Bersama PPG Universitas Lampung

Gue lupa semalem tidur jam berapa, iya tiba ketiduran gitu.
Tapi udh baca doa sebelum tidur kok.
Btw, engga tau akhir-akhir ini berasa capek, mau tidurpun ngantuknya gausah dicari.
Tiba-tiba dia datang kepadaku, eaa~

Sebangunnya dari tidur seperti biasa gue siap2.
Mandi, Nyuci Baju, Nyiapin Bekal, dan lain sebagainya.
Setelah nyiapin itu gue buka hape dong, and what! di grup PPG ada chat dari mas Tyas katanya kita Mahasiswa PPG wajib pakai Batik karena ini hari batik nasional.
Dan gue tiba2 bilang'oo iya skrg tanggal 2 ye, padahal dulu waktu kuliah S1 gapernah lupa tanggal ini".
Seakan tiba-tiba menjadi warga negara yang gagal karena lupa hari batik nasional, hiks.

Segeralah gue ngambil batik di lemari dan menyetrikanya.
Biasa, batik andalan gue haha.
Batik ini gue dapet waktu gue jadi peserta lomba kontingen Jakarta Utara untuk LKS Tingkat Provinsi.
Ini fotonya:


Batik ini selalu gue pake di berbagai kesempatan besar.
Bahkan waktu tes TKB PPG Prajab ini yg gue pake ya batik ini.

Selanjutnya ketika sampai dikelas seluruh penghuni kelas sumringah.
Biasanya kita pakai batik di hari kamis, tapi ini masih selasa.
Seakan besok udh deket weekend jadi semua memiliki suasana gembira haha.

Hari ini yg ngisi kuliah Pak Tri Jalmo.
Karena beliau udh percaya sama kita, kita ga ditungguin lagi selama kuliah.
Beliau izin jam 10 karena ada urusan di jurusan.
Akhirnya kita memanfaatkan kesempatan ini untuk berfoto ria.

Sebelumnya anak Produksi Tanaman sih yang upload ke Grup Wasap PPG Unila.
Yaa walaupun kita kalah start, kita gaboleh kalaah heboh.
Berfotolah kita di area gedung dekanat, (tadinya mau di bunderan FKIP, tapi gamau karena kejauhan).


Bangga kenakan batikmu, jangan sampai direbut orang :p.
Salam dari kami Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan, Universitas Lampung.

Saturday, September 29, 2018

Menikmati Film 3D Ala Anak Kos


Hari jumat kemarin selama di kelas gue mikir.
Kemana gue akan mengabiskan malam minggu nanti.
Ya, akhirnya terlintas pikiran untuk menonton film.
Pergilah gue ke salah satu website penyedia film terlengkap, termutakhir sejagat raya ini.
Sebut aja yipitorrent.

Ternyata udah banyak film baru yang keluar.
Tapi gue mau nyari yang greget, duh apa yaa.
Kemudian gue pilih film secara random.
Terpilih lah fratpack dan Love simon.
Tapi itu film konvesional dengan kualitas BR720.

Gue terdiam, sampai waktu jumatan hampir tiba.

Sepulang dari masjid menuju kelas ada bercandaan diantara gue dan anak2.
yang menstimulus gue untuk mendownlad film dengan fitur 3D, waaa boleh juga tuh.
Sesampainya di kelas, tanpa lama dan tanpa ragu langsung gue download.
Gue download Jurassic World (2015), karena yang 2017 nya gue udh punya dengan format biasa.

Dalam ekspektasi gue, malam minggu kali ini bakal keren se keren2nya dah.
Pulang dari kampus gue mampir ke toko buku buat beli plastik sampul jilid.
Tentunya plastik itu adalah bahan untuk buat kacamata 3D.
Kacamata yang wajib digunakan untuk nonton film 3d.

Sabtu Pagi...
Pagi ini gue olahraga, walaupun secara harfiah setiap hari gue olahraga kok.
Jalan dari kos ke kelas kalau diakumulasi pulang pergi mungkin sampe 2km lah ya.
Tapi itu ga termasuk kalo gue naik Tayo sih.

Sesampainya di lapangan olahraga Unila ada ramai-ramai disana.
Dan ternyata lagi ada event, lomba roket untuk anak SMP-SMA.
Hufff, sungguh oh sungguh.
Akhirnya gue sama abang-abang lari ngelilingin jalan yang memutari lapangan bola.
Ya secara hitung-hitungan jaraknya lebih panjang dibanding muterin track lari yang ada.
Tapi secara feel agak kurang gimana gitu.
Next time semoga bisa.

Sabtu Siang..
Sesampainya di kos, gue langsung menjalani rutinitas sebagai anak kos.
Yap, nyuju (nyuci baju).
Beres nyuci baju gue langsung garap pembuatan kacamata 3D yang bakal gue pake nanti malam.
untuk framenya gue pake map bekas yang sebenernya belum bekas-bekas banget sih.
Padahal map itu masih dipake buat nyipen berkas penting dan lain2 haha.
Gapapa ya map aku pinjam sebagian dari dirimu, semoga bermanfaat.

Dan taraaaaaa~ ini lah hasilnya

Thursday, September 27, 2018

Distraksi


Gue tertarik sama judul tulisan ini.
gue mendengarnya di sebuah lagu dara cantik bernama Danilla.
Siapa itu Danilla?
Really u don't know about her?
i'll tell you later.

Gue cari di KKBI ternyata enggak ada.
It's mean bahasa ini masih termasuk kata serapan.
Yang belum resmi jadi kata dari bahasa Indonesia.

Baiklah, kemudian gue cari di kamus bahasa inggris.
Ternyata Kata Distraksi berasal dari Distract.
Yang berarti pengalihan, hambatan, halangan, larangan.

Sekarang gue udah siap buat nyeritainnya, karena konsep tentang distraksi sudah kita sepakati.

Seberapa sering elo mendapat distraksi di dalam hiduplu?
Gue? Ya, sering.
Dan yang paling sering mengakibatkan hal itu adalah pikiran gue sendiri.
Dulu gue masih terlalu banyak mikir sebelum melakukan sesuatu.
Akhirnya cuma planing-planing sampah yang ada.
No more action i can do, just planning always do.
Ini lebih masuk ke konsep pencegahan sih.

Thursday, September 13, 2018

Kepentok Mood


Rasa bosan membukakan jalan mencari peran.
Keluarlah dari perut teman,

Hahaha, masih pagi udh serius bro.
Mari kita sama-sama mengendurkan jaringan2 yang ada di dalam otak.
Agar oksigen bisa keluar masuk dengan lancar tanpa hambatan.

Hemm zona nyaman ya.
Gue juga agak bermasalah sama dia.
Mungkin biar lebih jelasnya baca dulu tulisan gue yang ini The Transit, dan juga yang ini Bara Ciek Uda?
Karena sedikit disinggung disitu hehe.

Kenapa sih kita tetep stay di zona nyaman?
Kenapa ga segera melakukan perubahan dan pergerakan.
Agar bisa menuju ke titik yang lebih baik.
Salah satunya mungkin karena "Kepentok Mood".

Ya, walaupun gue merasa bahwa diri gue selalu punya semangat yang meledak2.
Bukan berarti gue ga punya masalah sama yang namanya mood.
Menurut kalian mengganggu gak sih datang perginya si mood ini di waktu yang engga tentu?

Ya, menurut gue agak sedikit mengganggu.

Udah gitu yang nyebelinnya, terkadang si mood ini dateng di akhir2 waktu.
Misalnya deadline pengumpulan tugas.
Bukan engga jarang lho tugas yang diberikan dikasih satu minggu sebelumnya.
Tapi dikerjain tepat malam sebelum besoknya dikumpul.
Haha, ada juga yang bilang itu The Power of Kepepet.

Mungkin ada seni dibalik semua itu.
Mungkin sense of degdeg an nya muncul.
Tapi menurut gue ga sehat.
Dan gue termasuk orang yang begitu juga -.-

Pernah juga udah dikasih tugas, dan saat dikasih tugas itu bayangan2 untuk mengerjakan tugas muncul di kepala.
Tapi Setibanya di rumah/kost, ilang lagi tuh semua.

Ada beberapa hal yang gue lakukan untuk mensiasati mood yang tiba2 hilang.
Misalnya Mendengar lagu, Nonton Film, Ngemil, atau Bahkan Tidur.
Sebenernya yang paling efektif ya tidur, cuma kadang sering kebablasan hahaha.
Bukannya ngebalikin mood, malah ngeskip ngerjain tugasnya.

Kendala mood ini gue alami bukan cuma saat ngerjain tugas.
Tapi dalam kegiatan gue ngeblog, juga masih didasari oleh mood yang pasang-surut.
Gue bersyukur sih, belakangan ini mood lagi baik.
Dia selalu hadir dan menemani untuk gue tetep nulis di blog.
Harapannya dia ga kemana-mana biar gue keep writing.

And then, bagaimana cara kalian untuk menghadirkan kembali mood saat dia dibutuhkan?

NB: Kalau gak salah pak Soekarno ya yang pernah bilang kalimat ini.
"Perjuangan saya lebih mudah dari perjuangan kalian di masa depan.
Sebab kami melawan bangsa asing, dan kalian melawan bangsa sendiri. (diri sendiri)"
Maaf ya mood udah nyalahin kamu karena banyak hal yang tertunda.
Sebenernya bukan karena kamu, tapi kitanya aja yang males.

Sekian~