Monday, April 05, 2021

Insomnia Katanya

Insomnia bukan hal baru di kalangan masyarakat.

Bahkan, tren insomnia pernah begitu melejiit pada masa kawula muda sekitar tahun 2009-2011.

Kerap kali menemukan cuit juga update di RU BBM pada kala itu, membuat diri gue gusar.

Yakali gabisa tidur malem, elunya aja yang gabisa atur waktu.


Hingga akhirnya terjadi pada diri gue...


Suatu malam, gue lagi kepengen aja minum kopi.

ya, walaupun sachetan haha.

Pas ke warung, ternyata ada produk kopi sachet baru, dan harganya miring.

Gue takis dong dua bungkus.

Awalnya kayaknya satu cukup nih, tapi ternyata gelas yang gue ambil lumayan besar.

sampe akhirnya mentrigger untuk nyeduh kedua bungkus itu bersamaan.


Gue minum kopi ini sambil ngegame.

Gue lihat jam sudah menunjukan pukul 11, gue beranjak untuk istirahat.

Tapi ternyata, shit happens to me....

Gue gabisa tidur dong!

Maksa meremin mata saampe jam 2 tak kunjung larut gue kedalam mimpi.


Akhirnya yang gue lakukan adalah ngulik soal-soal UN Matematika.

Selesai 2 paket soal berjumlah 40x2, sampe dengan matahari terbit.

Gilak!

Padahal paginya gue ada kelas pendalaman materi.

dan yak, pas kelas gue bego.

Ga fokus sama paparan guru gue, juga gemeteran.


Setelah hari itu, siklus tidur gue berantakan.

Sejenak gue berfikir, ternyata ini yang orang2 sering update insomnia?

Entah mau bangga atau sebaliknya, gue ada di vibes yang awalnya gue bacotin.

Emang yak, karma akan jatuh tepat pada waktunya.


To be continue....

Monday, March 23, 2020

Kalimat TAI

Pernah denger kalimat ini diucapkan ga?

"Semangat yaa, gue tau elo udh berusaha keras. Selalu ada hikmah kok, semangat!"
"Jangan bersedih, seenggaknya kita tau kalo elu udah berusaha"
"Semangat! Harus lebih berjuang lagi pokoknya!"

Gue sering banget denger kalimat-kalimat tai itu, banyak bentuknya. tapi intinya sama aja, tai.

Semakin kesini gue semakin percaya kalau usaha ga sebanding lurus sama apa yang kita dapat. Kalo elu lagi mujur bisa dapet lebih, kalo lagi biasa aja ya bisa jadi ga dapet apa-apa. Terus untuk yang engga melakukan apapun apakah berhak dan layak untuk dapet sebuah hasil dari pencapaian? Ehem, bukan manusia yang menentukan siapa berhak dapat apa, ingat ada Tuhan.

We're not deserve to decide anyone who deserve good or bad things.

Ini baru terjadi di gue, someday gue pernah mempersiapkan sesuatu mati-matian tapi pas hari H ternyata jadwal kegiatannya dirubah, dimajuin tanpa pemberitahuan yang jelas. Failed....

Balik lagi gue nyiapin mati-matian, berhasil tes. Tapi gue masih gagal juga.

Sampai akhirnya gue mempersiapkan selayaknya manusia normal, im not put my ambitions. Belajar sambil rebahan, lebih banyak main game daripada asah kemampuan. Tapi hasilnya malah diluar dugaan.

Sekarang gue lebih percaya kalau rezeki emang gabakal pernah ketuker. If it was yours then it will be yours.

Soalnya pernah juga gue denger kalimat tai yang bentuknya gini, "udeh tenang aja, berusaha lagi, percaya deh rezeki gabakal pernah ketuker"

TAI...

Monday, March 16, 2020

Angee, The Dream Grrrl!



Foto ini diambil pada saat event "reading book fest" di tujuhari coffee 14 Maret 2020. Angee, adalah vocalis dari band indie asal Jogja bernama grrrl gang. Kemarin dari hari ini, Grrrl Gang baru saja menggelar show yang juga termasuk comeback show setelah beberapa bulan vacum. Di acara show itu gue pun dateng, sebenernya sempet ada kesempatan gue minta foto dengan mereka tapi entah kenapa gue malu.
Tapi akhirnya, di hari ini setelah event reading book nya selesai gue bisa foto sama angee!. Terima kasih ulan yang udah bantuin ngomong ke angee buat foto sama gue :)..

Ada kisah menarik dibalik harga mati gue harus foto sama angee. Di show nya mereka yang bertempat di M Bloc space, yang lebih spesifiknya lagi di _Oeang Bar. Mereka membawakan lagu yang berjudul "Dream Grrrl".

Di malamnya gue tidur ternyata gue kemimpian angee, dan dipagi hari gue bangun gue bertekat. Gue harus ketemu angee, foto bareng dengan dia adalah harga mati! Apa karena lagu dream grrrl semalem ya, haha.

Gue sendiri tau band ini dari youtube. Di lagu bathroom / thrills, sekilas gue denger asik juga nih lagu. Awalnya malah gue kira lagu ini yg bawain dua cewe yang ada di MV nya. Ternyata engga, ini bentuknya band. Ada angee di vocalis dan rythm gitar, ada edo di lead guitar dan akbar di bass guitar. Band indie asal jogja ini beraliran power pop.

Kalo ada orang bilang "fallin love in first laid" adalah hal yang tabu, buat gue pada girrrl gang adalah hal yang nyata.

Balik lagi ke acara hari ini, acara terjadwal pukul 16.00 tapi agak keundur sekitar 40 menit. By the way, acara ini merupakan culture baru buat gue. Seru banget sih ada set up list yang setiap orang nya udah nyiapin bacaan untuk dibaca di depan. Ada yang bacaain berita, tulisan sendiri yang udah bertahun-tahun lamanya, puisi dari pacar, surat cinta, sampai horoskop yg ada di majalah hihi.  Tapi yg jelas mungkin agak susah untuk membangun circle yang seperti ini. Walaupun lebih susah juga untuk bergabung di circle yang sudah ada haha. Jujur deh, banyak banget person-person yang sebelumnya cuma bisa gue liat di social media bertebaran di acara hari ini huaaaaa. Awalnya gue agak sedikit minder karena gue fikir whaa ini acara emang cuma circlenya mereka aja, gue mah apa atuh huhu. Beruntung gue dateng bareng temen gue jadi gue ga merasa sendirian, ulaaan!. Tengkyu banget lhoo udh mau dateng dari bekasi smpe ke selatan ini cuma buat nemenin gue hihi.

Di moment gue minta foto sama angee, sumpah gue grogi banget. Padahal ngomong pake bahasa indonesia aja ga masalah, tapi entah knp gue jadi ngmng bahasa inggris haha. Angee ramah banget orangnya, tapi dia juga jadi kikuk karena gue ngomongnya juga kikuk kali yaa. Sekian tulisan ini gue buat, mungkin bakal ada tambahan lagi setelah beberapa hari. Cukup segini dulu karena gue nya jg masih speechless haha.

Sunday, March 15, 2020

Lebih Baik

Lebih Baik…

Manusia tentu akan memilih sesuatu yang lebih baik, dari sebelumnya, dari yang sudah ada..
Berdasarkan apa? Finansial sudah pasti, sosial bisa jadi.
Tapi apa yang menurutnya lebih baik pada masa ini belum tentu benar adanya sampai sesuatu terjadi.
Sampai melewati beberapa moment yang ia lalui, dan akhirnya memberikan jawaban atas pilihan yang ia anggap lebih baik.

Biasanya finansial yang memicu manusia untuk memilih yang lebih baik, benar kan?
Tuntutan hidup dan sosial yang kian hari semakin tinggi memaksa banyak personal membohongi dirinya sendiri untuk melakukan apa yang sebenarnya tidak disukai hanya untuk uang.
Termasuk diri gue sendiri.

Temen gue pernah bilang, bahwa uang bukan segalanya ketika elu sudah memiliki banyak dari mereka.
Kasih sayang, perhatian akan jauh lebih berharga.
Sementara itu, hanya dengan kasih sayang dan perhatian tidak cukup untuk tetap bertahan hidup.

Menjadi bahagia adalah sebuah masalah menurut gue.
Ada satu sisi dimana gue telah nyaman melakukan sesuatu, im happy to do all the things. Tiba-tiba terputar lagu dari fourtwnty yang berjudul zona nyaman. Fuck!
Apakah gue egois untuk bahagia sendiri? sementara belum ada kontribusi nyata dari gue untuk lingkungan yang sudah membesarkan gue sejak kecil.
Ada yang bilang tidak usah dipikirkan karena bukan tanggung jawab gue, tapi gue gabisa seacuh itu dan bertahan pada idealis gue.

Berangkat dari trigger lagu zona nyaman, gue berfikir haruskan gue keluar dari zona ini.
Gue juga pernah dengar sabda dari temen gue yang berisikan
"Ketika elu udeh nentuin pilihan akan datang pilihan-pilihan lain, ketika elu belum memilih ya memang sedang tidak ada" Logic.
Sampai akhirnya gue berpura-pura sudah memilih sesuatu berharap pilihan-pilihan lain yang mudah-mudahan lebih baik datang.
Terjadi, belum bulat keputusan gue untuk keluar dari fase itu. Akhirnya bercerita gue kepada beberapa orang yang gue percaya.

Dengan garis-garis yang sudah tergambar akhirnya terbentuk sebuah pola yang mengartikan bahwa gue harus keluar dari zona ini. Hampir semua tanggapan berisi bahwa seharusnya realistis aja mengadapi hidup. Namun gue tetap ingin menjamin poin dari sisi finansial dan sosial terpenuhi. 

Tulisannya masih ada, tapi gue post dulu segini. Biar ada alesan untuk selalu balik kemari, terima kasih telah sempat berkujung. stay safe, stay healthy!

Saturday, November 23, 2019

Spoiler tentang citra seseorang

Memasuki lingkungan baru ada satu hal yang sangat dasar yang dilakukan, adalah adaptasi. Pola dan durasi adaptasi setiap orang jelas berbeda, tapi ada satu hal yang pasti menjadi bagian dari fase ini. Yaitu menebak-nebak sikap seseorang, betul kan?

"Duh bapak ini gimana ya, ibu ini suka nyinyir gak ya, hemm mas ini bisa dipinjem duitnya gak ya, atau jangan-jangan abang itu suka banget minjem duit" Banyak sekali praduga-praduga liar yang tersintas.

Makanya terkadang kita butuh clue atau bahkan spoiler bagaimana gambaran tiap-tiap sosok yang ada di lingkungan itu, apalagi yang bakal sering berinteraksi dengan kita nantinya. Paling engga kita bisa tahu bagaimana cara bersikap kepada tiap-tiap orang yang ada di lingkungan baru itu.

Sosok temen dekat perlu banget dalam fase ini. Bagus banget kalau emang udah kenal lama. Misalnya; temen kuliah, atau temen di kantor sebelumnya, atau temen lain yang udah kenal sebelum di lingkungan ini. Kalaupun belum ada, berarti harus ada strategi khusus untuk bisa dapet guide di lingkungan baru ini.

Seiring berjalannya waktu, tanpa disadari guide akan datang dengan sendirinya. Percaya atau tidak? Kalau gue percaya.

Someday temen gue dateng dan bercerita tentang citra seseorang, yang kebetulan seseorang itu adalah atasan gue langsung. Berdasarkan spoiler yang gue tangkep, aduh... kacau banget ternyata hasilnya. Walaupun dia udah mendisclaimer jangan terlalu tenggelam atas spoilernya, tapi ya gabisa lah. Sampai akhirya gue menjaga jarak, dan jauh lebih waspada terhadap atasan gue. Okelah ada nilai positifnya gue jadi mawas diri, tapi gue seperti sudah tertanam untuk unrespect terhadap atasan gue ini. Yang gue takutkan ada sikap2 yang tertiba keluar dari diri gue yang menunjukan ketidaksukaan gue terhadap atasan gue.

Terlepas dari benar atau tidaknya spoiler temen gue ini, gue masih berusaha untuk mencoba biasa saja. Lambat laun ternyata apa yang dispoiler temen gue match! bangsat emang yaa haha. Gue jadi berasa main GTA pake cheat atau main harvest moon yang udah ngerender beberapa capaiannya lewat game shark!.

Terlewat sudah satu fase dimana gue harus mempelajarai bagaimana masing-masing person di lingkungan itu, terutama atasan ya, karena garis komandoo nya lurus. Kalo kita ga pinter-pinter menghadapi situasi bakal bisa oleng ditengah perlayaran. Balik lagi ke persoalan citra atasan gue.

Jalan dua bulan, makin banyak orang yang datang untuk memberi wejangan gue agar gue bisa lebih hati-hati. Gambaran hampir sama dengan apa yang temen gue udah spoilerin. Itu artinya ini atasan gue emang parah banget gak sih? Sampe-sampe banyak banget yang nge warning gue?

Yang awalnya gue cuma mengira kalo temen gue ini emang ga cocok sama atasan gue, atau bahkan gue mengira biar gue ga deket sama atasan gue jadi dia gaada saingannya. Atau mungkin temen gue pernah sakit hati dengan atasan gue ini makanya bercerita sedemikian rupa. Tapi akhirnya apa yang doi ceritain ya memang itu adanya.

Sekarang kembali lagi ke diri kita masing-masing, mungkin kalo temen gue engga spoiler bahwa ternyata atasan gue orangnya super kusut. Mungkin gue akan terjebak dalam permainannya, gue berterima kasih banget sama temen gue ini atas spoilernya. Walaupun sedikit mengurangi seni dalam beradaptasi di lingkungan baru. Tapi apapun yang terjadi gue ga bakal melakukan hal yang sama kepada orang-orang baru yang nantinya mungkin akan menggantikan posisi gue. Karena gue gamau meracuni sebuah ekosistem, dengan harapan kedepannya atasan gue ini bisa lebih membaik.

Ada sisi yang sangat tegas dalam kisah ini, berusaha sebaik mungkin dalam bekerja akan meninggalkan jejak baik di akhir cerita. Berlaku sebaliknya. Kalau kita sudah baik, tanpa orang bercerita semua akan tau kalau kita baik. Kalo kita udah kusut dari awal, sebaik-baik kita menutupi akan banyak jalan untuk menunjukkan kekusutan itu. Sekian...

Wednesday, September 18, 2019

Guru Biasa atau Luar Biasa



Sewaktu masih duduk di bangku SMK, dalam sebuah apel pagi. Kepala sekolah gue berkata.
Janganlah menjadi siswa yang biasa saja, siswa yang hanya datang sebelum bel dan pulang tepat setelah bel berbunyi.
Siswa yang hanya datang ke sekolah hanya untuk belajar, semua orang lakukan itu, lalu apa yang buat kamu berbeda?.
Kalau kamu tidak berprestasi di kelas, lantas tetap seperti itu, apa yang buat kamu istimewa.
Bentuk karaktermu dan jiwa sosialmu dalam kegiatan organisasi, manfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif!

Berulang kali kepala sekolah gue memberi wejangan seperti tadi, hampir di setiap kesempatan.
Dikala itu gue memang tidak berada di lingkaran siswa yang biasa, karena notabene gue adalah sosok yang hyperaktif.
Beruntungnya gue langsung menyalurkan keluar biasaan itu untuk aktif di berbagai organisasi dan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.
Walau sebenarnya ada hal-hal yang pengen gue tunjukkan kepada seseorang yang membuat gue patah hati.

Oke lanjut.

Kemudian saat di kelas gue sering berfikir, dan mungkin agak sebal.
Kenapa ya ada aja lho guru yang ga masuk dalam satu hari KBM?
tentunya itu saat frekuensi otak sedang baik, kalau tidak yaaa kegirangan lalu dipakai untuk bermain atau tidur di kelas.
eh gapernah deng waktu smk gue tidur, gangguin temen yang tidur malah sering haha.

yuk balik lagi ke laptop.

Iyasih kenapa? padahal kan sudah di gaji, tapi kenapa masih mangkir ngajar.
Kita bayaran lho pak! (walaupun gue ga ikut bayaran :p)
Kita berhak mendapat pengalaman belajar dari bapak!

Beberapa tahun setelah itu akhirnya gue jadi guru, dan akhirnya gue punya jawaban berdasarkan versi gue sendiri.
Namun gue fikir jawaban berdasarkan versi gue ini termasuk umum, dan mudah2an valid.

1. Guru Sangat Ingin Melayani Siswa Sepenuh Hati, Tapi!

Ya, gue sangat ingin melayani siswa-siswa gue dengan sepenuh hati.
Mempersiapkan bahan ajar yang sangat baik.
Memberikan fasilitas belajar yang prima.
Selalu hadir dalam jadwal KBM yang ditentukan.
Pokoknya gitu deh, cuman kan ~~

a. Tugas Tambahan
Ini yang terkadang menjadi alasan kenapa guru tidak masuk ke kelas. ada beberapa faktor yang menyebabkan guru mendapat tugas tambahan.
yang pertama, karena hanya guru terkait yang kompeten untuk diberikan tugas.
Atau (biasanya nih ya, setelah menyelesaikan tugas tambahan ada fee nya gitu) jadi yang mendapat tugas tambahan memang guru yang sedang membutuhkan biaya hidup tambahan.
kayak gue sekarang, lel.

b. Kegiatan lain diluar sekolah.
Yang gue maksud kegiatan lain tuh, misalnya usaha sampingan selain menjadi guru.
Terkadang kalau udah janji sama suatu hal, ya memang harus ditepati.
dan terkadang itu mengganggu jadwal KBM yang seharusnya ditepati.
Gue pernah beberapa kali ninggalin kelas, dan memberikan tugas. karena....
karena gue mau ngirim berkas ke kantor pos, these!

c. Sakit, Keluarga Sakit.
Semua orang bisa sakit, dan sewaktu jadi siswa pun pasti pernah sakit kan.
walaupun cuma anget-anget badan, tapi rasanya tubuh ini perlu istirahat komandan :p

d. Melengkapi Berkas-berkas Keperluan Kenegaraan.
Indonesia merupakan negara yang sarat akan pemberkasan dan dokumentasi.
dalam satu kali tatap muka saja berkas yang harus disiapkan jumlahnya bejibun.
Padahal nih yah, biasanya berkas-berkas yang disapkan selalu sempurna, tidak sesempurna pelaksanaan KBM nya.
CMIIW.

e. Jenuh
Dalam beberapa kondisi,dan apalagi sifat seseorang yang berbeda2, dan juga kondisi yang dialami pun berbeda.
Akan tiba saatnya si jenuh bin Bosan datang, yang membuat agak kurang semangat masuk ke kelas.
Jadi hanya meninggalkan tugas, biasanya tugasnya mencatat :p.
Gue pernah kayak gini, tapi siswa gue setelin film. Ya filmnya emang yang memiliki nilai-nilai moral ya.


Rasanya seperti tidak adil ketika siswa alfa kemudian diproses oleh pihak berwenang, sedangkan guru ada juga alasan agar tidak mengajar.
Rasanya seperti benci pada diri sendiri, dulu ketika menjadi siswa protes kalo guru ga masuk, sekarang malah sering ga masuk.
Tapi ya itu, semua guru tentunya sangat ingin untuk bisa melayani siswanya dengan maksimal. Tapi ada beberapa hal yang membentur niat itu,
salah lima nya yang gue tulis diatas. mungkin masih banyak lagi, tapi kelima alasan diatas semua pernah gue alami :p haha.

Saat ini gue udh genap dua bulan menjadi tenaga pendidik, baru dua bulan geh.
Ya mudah-mudahan tulisan ini adalah self reminder lah yaa minimal.
Kalau bisa menjadi bermanfaat bagi yang lain Alhamdulillah.

Oh ya btw gue udh 3 kali jadi host di KKSI Pembibitan ikan lhoo hihi.
ini videonya, ditonton yaa :D



Sekian dan Terima Kasih
#HappyBlogging
#TeacherBlogger











Tuesday, September 03, 2019

Hujan

Mendengar rintikmu ku bahagia.
Sambil menikmati alunan lelagu ini.
Sesekali ku menengok meria
Awan-awan itu berkumpul sekaan sedang reuni.

Hujan?
Dirimu tak ada habisnya.
Aku merengkul pada bantal2 di diatas kasur.
Beserta baju2 kering yang masih berserakan diatasnya.

Belum ada hasrat untuk membenahi yang seharusnya.
Aku masih tenggelam dengan perasaanku yang kelam.

Hujan?
Kenapa bisa kamu turun?
Padahal aku tidak pernah melihat air naik.
Siapa yang memintamu hadir?

Kemarin..
Disepanjang musim kering engkau acuh hadir
Disaat ku sedang ingin menikmati cerah!
Kau datang bergerombol seakan sedang mencari makan

Makan apa yang bukan hak mu
ja